Rabu, 15 Januari 2020

SISTEM KOMUNIKASI VOIP


Assalamualaikum Gaes.... Wellcome Back To My Blog:)
Kali ini kita bakal bahas materi tentang Teknologi Layanan Jaringan yaitu Sistem Komunikasi VoIP. Stay tuneeee yaaaaaaaaaaaaa :)




SISTEM KOMUNIKASI VOIP

A. Voice over Internet Protocol (VoIP)
         Salah satu contoh VoIP berbasis open source adalah Briker. Briker merupakan inovasi 
      terbaru dalam bidang komunikasi yang dikembangkan oleh Anton Raharja. Briker mulai 
      dikembangkan sekitar pertengahan tahun 2008. Pengembangnya tidak membutuhkan waktu  
      yang lama. Pengembangan dan penyebaran Briker tidak terlepas dari peran tokoh teknologi 
      informasi lain seperti Onno W. Purbo dan tim dari PT Infotech Media Nusantara.

1. Konsep Kerja Server Softswitch
         Bagian yang paling kompleks dalam suatu sentral lokal adalah bagian software yang mengatur 
    call processing. Mengatasi dengan cara menciptakan suatu alat yang dapat menyambungkan 
    komunikasi suara dalam bentuk paket maupun circuit.

2. Prinsip Kerja Voip
        Mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada komputer menjadi paket data 
    digital, kemudian dari komputer tersebut diteruskan melalui hub/router/ADSL modem dikirimkan 
    melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama.

3. Proses Kerja PBX Softswitch
    a. Pengertian PBX
           Private Branch Exchange (PBX) adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran 
        telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan 
        jaringan lokal dengan trunk. Trunk merupakan penghubung jalur komunikasi antara pengirim 
       dengan penerima melalui central office.

          Keuntungan PBX adalah penghematan biaya pada panggilan karena tidak menggunakan pulsa. 
       Selain itu, sistem PBX juga dapat menghindari bentrokan jaringan  telepon dalam suatu tempat.
   
b. Fungsi PBX
      1) Penghubung anatara jalur jaringan telepoin dengan telepon m,enggunakan nomor yang dituju.
      2) Menyediakan layanan akutansi untuk kepentingan.
      3) Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
      4) Mematikan sambungan anatara koneksi dengan perintah yang sesuai di telpon.
      5) Layanan otomatis panggilan.

   c. Cara Kerja PBX dalam Server Softswitch
          Fungsi IP PBX hampir sama dengan cara kerja proxy server. Sebuah software seperti 
       softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem 
       tersebut akan terhubung pada IP PBX yang memiliki daftar semua ponselk sesuai SIP. Dengan 
       demikian, para pengguna dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan 
       gateway VoIP.

   d. Kebutuhan Bagian Komunikasi PBX pada Server Softswitch
      1) Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent adalah elemen utama softswitch yang 
          berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-
          elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda, 
          termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
      2) Signalling Gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP 
          di bawah kendali dari MGC. SG hanya menangani pensinyalan SS7, sedangkan MGC 
          menangani sirkuit suara yang telah dibangun oleh mekanisme pensinyalan SS7.
      3) Media Gateway (MG) berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan traffic dalam 
          jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima traffic dari jaringan lain yang berbeda 
          seperti PSTN, PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses pelanggan.
      4) Media Server fungsinya untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Jika 
          diperlukan, media server akanb mendukung digital signal processing (DSP).
      5) Feature Server menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing dan multiparty conferencing, 
          feature server menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen lain 
          pada softswitch tersebut. Misalnya, gatekeeper.
      6) Operating Support System (OSS) merupakan elemen jaringan yang berfungsi untuk 
           mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan seperti manajemen jaringan, provesioning, 
           billing, monitoring, dan statistik.

4. Komponen Fungsional VoIP
    a. Protocol
          Ada beberapa jenis protocol yaitu:
          1) TCP/IP, sebuah protocol yang digunakan pada jaringan internet. Protocol ini terdiri atas dua 
               bagian besar, yaitu TCP dan IP.
          2) Application Layer, fungsi utamanya adalah pemindahan file. Protocol ini berhubungan 
              dengan aplikasi, contohnya  Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk web, File Transfer 
              Protocol (FTP), dan TELNET untuk terminal maya jarak jauh.\
          3) Transmission Control Protocol, merupakan protocol yang connection oriented, artinya 
               menjaga realibilitas hubungan komunikasi karena melakukan perbaikan terhadap data yang 
               rusak, hilang, atau kesalahan kirim. Hal ini dilakukan dengan memberikan nomor urut pada 
               setiap data yang dikirimkan dan membutuhkan sinyal jawaban positif dari sinyal ACK 
              (acknowledgment).
          4) User Datagram Protocol, merupakan transport prptocol yang lebih sederhana dari TCP. 
              Digunakan untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme realibilitas. Header UDP 
              hanya berisi 4 field, yaitu source port, ddestination port, length, dan UDP checksum. 
              Keempat field tersebut memiliki fungsi hampir sama dengan TCP. Namun, fasilitas  
              checksum bersifat opsional. UDP pada VoIP digunakan untuk mengirimkan audio stream 
              yang dikirimkan secara terus-menerus.
           5) H.323, merupakan salah satu dari rekomendasi ITU-t. H.323 merupakan standar yang 
               menentukan komponen, protocol, dan prosedur yang menentukan layanan komunikasi 
               multimedia berupa komunikasi audio, video, dan data realtime melalui jaringan berbasis 
               paket (packet-based network).
     b. VoIP Server
            Arterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui 
         internet atau biasa disebut VoIP.
     c. Softswitch
            Merupakan suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan 
         paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telepon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, 
         kabel tv, dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.
     d. Softphone (Software)
            Contoh softphone dilayanan jaringan VoIP adalah SkyPe, X-Lite, IAX-Lite, dan MyPhone.
     e. VoIP
            Gateway digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda, yaitu antara jaringan 
        H.323 dan jaringan non H.323. Contohnya gateway dapat menghubungkan dan menyediakan 
        komunikasi antara terminal H.323 dengan jaringan telepon, misalnya PSTN.

5. Layanan VoIP

    a. Computer to computer
            Merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat komunikasi. 
        Contohnya Yahoo, massenger, layanan ini dapat dilakukan secara gratis dan hanya menyediakan 
        koneksi internet pada komputer.
    b. Computer to phone
             Merupakan layanan yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan dari omputer ke 
        telepon. Salah satu menyedia layanan ini Skype. 
    c. Phone to computer
           Merupakan layanan jaringan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan dari 
        telepon ke komputer.
    d. Phone to phone
           Dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional yang 
        dihubungkan dengan VoIP adapter. Salah satu penyedia layanan ini adalah Phone Power.
        
           Adapun layanan tambahan diantaranya : Web to Phone, Fax Over IP, Voice Messeging, TV 
       Station, Web Cast.

6. Quality Of Service (QoS)
        QoS didefinisikan sebagai suatu pengukuran tentang seberapa baik jaringan.QoS didesain untuk 
    membantu end user mendapatkan performansi yang handal dari aplikasi-aplikasi berbasis jaringan. 
    Beberapa parameter performansi dari jaringan IP, yaitu delay, jitter, packet loss, dan troughput.

 a. Delay, didefinisikan sebagai total waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses 
     transmisi dari satu titik ke titik yang lain yang menjadi tujuannya. Golongan delay processing, 
     delay packetization, delay serialization, delay jitter buffer, dan delay network.

 b. Jitter, didefinisikan sebagai variasi dari delay atau variasi waktu kedatangan packet.

 c. Packet loss adalah perbandingan seluruh paket IP yang hilang dengan seluruh paket IP yang 
     dikirmkan antara pada source dan destination. Beberapa penyebab packet loss yaitu:
     1) Congestion, disebabkan terjadinya antrian yang berlebihan dalam jaringan.
     2) Node yang melebihi kapasitas buffer.
     3) Memori yang terbatas pada node.
     4) Policing atau kontrol terhadap jaringan untuk memastikan bahwa jumlah traffic yang mengalir 
         sesuai dengan besarnya bandhwith.

 d. Troughput adalah jumlah total kedatangan paket IP sukses yang diamati di tempat pengukuran 
     pada destination selama interval waktu tertentu dibagi durasi internal waktu tersebut.



B. Pengamatan Prosedur Telekomunikasi
 1. Prosedur Pengamatan Kerja Sistem Telekomunikasi
a. Diawali dengan sebuah pesan atau informasi yang harus dikirmkan dari individu atau perangkat satu ke perangkat lain.
b. Selanjutnya dikonversi ke dalam bentuk biner atau bit yang selanjutnya bit tersebut di-encoding menjadi sinyal.
c. Sinyal tersebut dikirimkan atau dipancarkan melalui media yang telah dipilih.
d. Dibutuhkan media transmisi yang baik agar gangguan selama disaluran dapat dikurangi.
e. Selanjutnya sinyal tersebut diterima oleh stasiun penerima.
f. Sinyal tersebut di-decoding ke dalam format biner atau bit yang selanjutnya diubah ke dalam pesan atau informasi asli agar dapat dibaca atau didengar oleh perangkat penerima.
2. Prosedur Pengamatan Kerja Sistem Telekomunikasi Menggunakan VoIP
Prosedur pengamatan kerja sistem telekomunikasi menggunakan VoIP dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu transmission control protocol, user datagram protocol, dan internet protocol.

C. Perawatan Sistem Komunikasi VoIP
1. Prosedur Sistem Komunikasi
a. Memeriksa kinerja piranti sesuai fungsi pada manual, langkah-langkahnya:
1) Perbaikan sisi hardware
2) Perbaikan sisi software
3) Membersihkan dan menyimpan log kerja perawatan
b. Melakukan backup
2. Melakukan Pengembalian Konfigurasi atau Restore Hasil Backup

D. Prosedur dan Teknik Pemeriksaan Permasalahan Pada Sistem Komunikasi VoIP
1. Teknik Perbaikan Permasalahan Pada Sistem Komunikasi VoIP

1 komentar:

  1. Let me tell you something...

    This might sound a little weird, maybe even kind of "strange"

    WHAT if you could simply hit "PLAY" to LISTEN to a short, "magical tone"...

    And INSTANTLY attract MORE MONEY to your life???

    And I'm really talking about BIG MONEY, even MILLIONS of DOLLARS!!

    Sounds way too EASY??? Think something like this is not for real?!?

    Well, I'll be the one to tell you the news..

    Usually the largest miracles life has to offer are the easiest to GET!!

    Honestly, I'm going to provide you with PROOF by letting you PLAY a REAL "magical money-magnet tone" I've produced...

    You simply push "PLAY" and watch as your abundance angels fly into your life... it starts right away...

    CLICK here NOW to enjoy the wonderful "Miracle Money-Magnet Tone" - it's my gift to you!!

    BalasHapus

Samba Server

  A. Pengertian      Samba merupakan aplikasi Unix yang memanfaatkan protokol SMB (Server Message Block) untuk melayani permintaan pertukara...